Thursday, January 17, 2013

Pembentukan DISTRIK KTM Makassar


Pada tanggal 16-18 maret 2012 lalu, KTM Makassar mengadakan RETRET yang bertema “Bangkitkan RohMu Dalamku” yang digabungkan dengan SIDARES bertempat di Aula Guest House Rajawali. Retret ini dibawakan oleh Bapak Giovanny Karamoy, Ibu Eleine M.T Magdalena, Ibu Lydia Roos Kawilarang, beserta 2 volunteer yang telah ditugaskan sekitar 2 bulan di Makassar yaitu Maggie Kalangi dan Rini. Peserta retret ini sebagian besar merupakan anggota KTM dan juga mereka yang diajak dan tertarik pada KTM. Retret ini dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum hari-H oleh para panitia dan kedua volunteer. Para pemimpin pujian, singer, serta pemusik berlatih dengan sangat padat mengingat waktu persiapan yang singkat. Banyak terjadi gesekan dan perselisihan selama persiapan namun semua itu Tuhan murnikan dalam kasih persaudaraan di KTM Makassar.
Retret dimulai pada tanggal 16 Maret pukul 17.00. Sebelum dimulai, para panitia beserta pengajar bersatu hati melalui doa bersama agar Roh Kudus berkarya dalam retret ini. Setelah itu retret pun diawali dengan puji-pujian. Hari pertama retret pengajaran yang dibawakan mengenai “Tubuhmu adalah Bait Allah” (Pak Vanny), “Cinta Kasih Allah yang Menyelamatkan” (Maggie), “Aku Siap ya Tuhan” (Rini), tak lupa ice breaking mengakrabkan para peserta dan melepas kejenuhan. Kemudian diadakan Adorasi Pertobatan yang dirangkaikan dengan Pengakuan Dosa secara pribadi. Pada saat Adorasi Pertobatan Tuhan menyentuh seluruh hati peserta retret dan banyak yang mengalami pertobatan khususnya ketika Tuhan datang kepada mereka lewat berkat Sakramen Mahakudus. Pengakuan dosa pun diikuti dengan kerendahan hati melalui pastor-pastor yang turut ikut serta, yakni P. Paulus Tongli, P. Sani Saliwardaya, P. Ignas, P. Victor Wiro Patinggi, dan P. Stephanus Chandra. Hari pertama pun berakhir pukul 22.00.
Pada tanggal 17 Maret acara retret telah dimulai sejak pukul 09.00 pagi. Acara retret ini merupakan retret yang khusus dibawakan oleh Pak Vanny yang diwajibkan bagi seluruh pelayan dalam KTM Makassar ini. Dalam acara retret yang bertema “Leadership” ini Pak Vanny memberikan pengajaran bagaimana proses Tuhan membentuk seorang pelayan dan menjadikan anggota KTM Makassar sebagai Pelayan Tuhan yang sungguh-sungguh. Acara retret ini diakhiri dengan Ibadat Refleksi Pelayanan dimana para anggota KTM merefleksikan kembali segala kelemahan dan kekurangan yang ada selama melakukan karya pelayanan dan menyerahkannya kepada Tuhan. Acara ini pun berakhir pukul 14.00.
Pukul 15.00 para panitia dan para pengajar kembali berdoa bersama terlebih dahulu di Retret hari kedua ini. Pukul 15.30 retret kembali diawali dengan puji-pujian. Hari kedua retret ini lebih banyak diberikan materi pengajaran seputar Komunitas Tritunggal Mahakudus, yakni “Mengenal KTM”  (Maggie), “Komitmen dan Cinta KTM” (Bu Roos), dan “Pertumbuhan Rohani” (Bu Eleine). Di hari kedua ini berlangsung Pencurahan Roh Kudus, namun sebelumnya mengingat kita dalam masa prapaskah maka diadakan Jalan Salib singkat terlebih dahulu. Jalan Salib yang dibawakan oleh Pak Vanny ini sungguh membuat para peserta merasakan kesengsaraan Yesus yang mendalam. Dimana Yesus yang menjadi alasan utama kehidupan kita sebab karna Ia kita dapat hidup dan bersih dari segala dosa. Setelah itu Pencurahan Roh Kudus pun diberikan. Disinilah tampak Roh Kudus hadir sungguh nyata dalam diri para peserta retret. Banyak terjadi pemulihan, penyembuhan, pertobatan, serta menerima karunia-karunia Roh Kudus dalam bentuk bahasa Roh dalam Pencurahan kali ini. Roh Kudus pun berapi-api ditengah penyembahan kepada Tuhan dan membangkitkan kembali semangat pelayanan dari peserta retret.
Hari ketiga, 18 Maret, retret hari terakhir sekaligus hari yang sangat istimewa bagi KTM Makassar. Hari ketiga merupakan acara SIDARES dan disinilah langkah awal KTM Wilayah Makassar menjadi sebuah DISTRIK. Seperti sebuah metamorfosa bagi seluruh anggota KTM Makassar dan langkah baru untuk berkarya lebih luas lagi bagi setiap umat Katolik di Keuskupan Agung Makassar. KTM Wilayah Makassar dan KTM Wilayah Toraja menjadi satu Distrik dimana KTM Toraja telah berkembang pesat dan bertumbuh sangat luas di setiap parokinya. KTM Toraja telah memiliki 16 sel dan bahkan lebih dengan Pelayan Wilayah, Ibu Beatrix. Di hari ketiga ini retret dihadiri oleh tamu-tamu istimewa dari para pelayan KTM Distrik Palu dan KTM Distrik Manado sebab akan dibentuk pula tingkat PROVINSI di Sulawesi. SIDARES pun berjalan sekitar 2 jam dalam pemilihan pengurus-pengurus Distrik Makassar yang baru ini. Setelah SIDARES berakhir kemudian dilanjutkan dengan Misa Pelantikan Pengurus Distrik Makassar dan Provinsi Sulawesi. Misa ini dipimpin oleh Pastor Paulus Tongli, Pr selaku pastor moderator KTM Makassar. Misa ini merupakan misa pelantikan serta misa penutup dari seluruh rangkaian acara Retret yang telah berlangsung selama 3 hari ini.
Semangat membara dari para panitia dan anggota KTM yang terlibat yang telah bekerja keras dari masa persiapan hingga hari-H berlangsungnya retret tidak berhenti di situ saja. Sebab melalui retret inilah diharapkan seluruh anggota KTM Distrik Makassar bersatu hati, saling merangkul, dan satu tujuan dalam karya pelayanan dan evangelisasi bagi seluruh umat Katolik di Keuskupan Agung Makassar. Evaluasi pun dilakukan usai retret yang bertujuan untuk mengetahui kekurangan serta menjadi acuan dan semangat baru bagi anggota KTM dalam mengadakan retret di hari kedepan. Semoga KTM semakin maju dan berkembang di berbagai wilayah dan selalu satu dalam kasih persaudaraan. (SS)

              DISTRIK MAKASSAR

Pelayan Distrik             : Fance Theodore
Wakil Pelayan Distrik   : (1) Lanny Fong (dewasa)
                                     (2) Sutejo Kurniawan (muda-mudi)
Konsultor I                   : Beatrix (Toraja)
Konsultor II                  : Djonni Djenang
Konsultor III                 : Likke Tansil



2 comments: